Minggu, 27 November 2016

10 Tips Mudah Tapi Ampuh untuk Mengatasi Stres

10 Tips Mudah Tapi Ampuh untuk Mengatasi Stres

Stres adalah salah satu hal yang tak bisa dihindari siapa saja yang memiliki rutinitas dan kegiatan yang padat. Terkadang berawal dari stres, kesehatan pun menurun, dan produktivitas juga menjadi menurun. Kelelahan diklaim sebagai salah satu pemicu terbesar stres.

Namun pada kenyataannya, penyebab stres sendiri bermacam-macam, tak hanya kelelahan. Karena hal tersebut, maka sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara dan kiat-kiat bagaimana mengatasi stres. Bila tak segera diatasi, stres dapat berdampak buruk bagi kesehatan Anda.
10 Tips Mudah Tapi Ampuh untuk Mengatasi Stres
via pixabay.com
Stres sendiri pun memiliki level yang berbeda-beda. Bila stres tersebut masih dalam level yang rendah, sebaiknya segera ditangani agar tak menjadi stres dengan level tinggi yang dapat menyebabkan depresi.

Baca juga: Tips Meredakan Stres dengan Makanan

Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi stres-stres kecil yang ada di dalam rutinitas harian Anda. Anda dapat menerapkan cara-cara tersebut dalam rutinitas sehari-hari Anda sehingga Anda dapat terhindar dari stres berkepanjangan yang berbahaya.

1. Ketahui penyebab stres
Hal terpenting yang harus dilakukan untuk mengatasi stres tentunya adalah mengetahui penyebab stres itu sendiri. Bila Anda telah megetahui penyebab stres, kemudian mengatasi penyebab tersebut, Anda pun akan dengan mudah dapat mengatasi stres yang Anda alami.

2. Tidak tergesa-gesa
Ketika berada di suatu keadaan yang terburu-buru atau tergesa-gesa, terkadang membuat Anda menjadi stres sendiri. Maka, hindari segala hal yang justru membuat Anda tergesa-gesa. Lakukan segala hal dengan terencana serta tertata. Tak hanya itu, melakukan kegiatan seperti berangkat ke kantor lebih awal, dan sebagainya, dapat membantu Anda terhindar kari ketergesa-gesaan, dan Anda akan dapat menjalani hari dengan lebih tenang.

3. Buatlah rutinitas pagi yang baik

Agar pagi Anda tidak tergesa-gesa dan efektif, Anda harus memiliki
rutinitas pagi yang baik, sehingga ketika bangun tidur, Anda tahu apa yang Anda akan lakukan. Hal tersebut akan membuat hidup Anda lebih disiplin dan Anda akan terhindar dari stres.

4. Terorganisir
Menjadi pribadi yang terorganisir adalah salah satu hal yang dapat mengurangi level stres Anda dan juga dapat menghindarkan Anda dari penyebab stres. Pribadi yang hidupnya tidak teroganisir dengan baik cenderung terkena stres.

5. Tidur yang cukup
Kurangi begadang, dan tidurlah dengan cukup. Tidur yang cukup akan membuat Anda segar ketika bangun pagi nanti. Tubuh yang segar dan pikiran yang segar di pagi hari akan membuat Anda siap menjalani hari.

6. Berpikir positif
Berpikir positif terhadap banyak hal akan membantu Anda untuk tetap terhindar dari stres. Memang benar Anda tidak akan dapat mengontrol sesuatu yang akan terjadi, tetapi dengan berpikir positif, Anda akan dapat menerima kenyatan yang akan terjadi, baik ataupun buruk.

7. Mencintai pekerjaan
Jika Anda tidak mencintai apa yang Anda lakukan, Anda akan mudah terkena stres. Karena pekerjaan yang tidak Anda cintai tersebut justru akan menjadi beban Anda. Untuk mengatasi itu, temukan hal-hal yang dapat membuat Anda mencintai pekerjaan Anda. Bila pekerjaan Anda adalah pekerjaan yang membuat Anda riskan terkena stres, Anda dapat mengimbanginya dengan memiliki hobi yang dapat Anda lakukan di sela-sela pekerjaan Anda.

8. Manajemen waktu yang baik
Memiliki manajemen waktu yang baik juga merupakan salah satu aset untuk anda sehingga tidak terhindar dari stres. Merencanakan sesuatu dengan estimasi waktu yang sudah diperkirakan dapat membantu Anda terhindar dari stres berkepanjangan.

9. Jauhi alkohol dan rokok
Hidup sendiri mungkin telah membuat Anda stres. Maka dari itu, jangan tambah kadar stres tersebut dengan adanya faktor dari luar seperti minuman beralkohol serta nikotin pada rokok.

10. Rajin berolahraga
Ini juga tak kalah penting. Untuk merilekskan tubuh, Anda dapat melakukan olahraga-olahraga ringan seperti jogging, berenang, senam, atau yoga. Hal tersebut juga dapat membantu Anda untuk terhindar dari stres.


Demikian 10 tips mudah tapi sangat manjur untuk mengatasi stres. Dari beberapa poin di atas, yang paling penting adalah Anda harus mencintai diri Anda sendiri, bersyukur atas diri Anda dan selalu berusaha yang terbaik, serta menerima segala resiko atas apa yang telah Anda lakukan dengan lapang dada, niscaya Anda akan terhindar dari stres. Siap mencoba? (mw)
 
SUMBER http://www.magwuzz.com/2015/10/10-tips-mudah-tapi-ampuh-untuk-meredakan-stres.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar