Minggu, 27 November 2016

8 Cara Agar Tidak Mudah Lelah Saat Olahraga

8 Cara Agar Tidak Mudah Lelah Saat Olahraga

Kamu sering merasa lelah setiap kali berolahraga? Lelah saat olahraga bisa menjadi masalah yang serius karena kamu jadi tidak bersemangat untuk melanjutkannya sampai tuntas. Alhasil, kamu tidak akan mendapatkan manfaat olahraga secara maksimal.

8 Cara Agar Tidak Mudah Lelah Saat Olahraga

Rasa lelah yang berlebihan selama olahraga bisa disebabkan oleh berbagai macam alasan, seperti kurang makan, dehidrasi, gerakan yang salah, dan masih banyak lagi. Untuk mengatasi rasa letih dan meningkatkan stamina saat berolahraga, ada baiknya kamu mencoba beberapa tips berikut ini.

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Selama Olahraga

1. Cukup Makan
Salah satu penyebab utama kelelahan selama olahraga adalah kurangnya nutrisi yang kamu konsumsi. Sebelum olahraga, sangat dianjurkan untuk cukup makan makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Karbohidrat berfungsi untuk memberikan energi secara instan, sementara lemak memberikan energi berkelanjutan. Keduanya sangat penting untuk menunjang aktivitas fisik yang kamu lakoni.

2. Minum Air yang Cukup
Sekalipun kamu sudah makan banyak sebelum berolahraga, kelelahan tetap bisa kamu alami jika kamu mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Air berperan dalam memberikan nutrisi ke otot selama dan setelah olahraga. Oleh karena itu, usahakan untuk mencukupi kebutuhan air saat berolahraga, terutama air kelapa karena mengandung elektrolit yang baik untuk tubuh.

3. Cukup Tidur
Tubuhmu membutuhkan waktu untuk pemulihan dan perbaikan dirinya sendiri. Tidur yang cukup (sekitar 8 jam semalam) sangat bagus untuk proses recovery tubuh pasca olahraga. Untuk mencegah kelelahan setelah olahraga, hindari begadang dan segeralah tidur.

4. Teknik Pernapasan yang Tepat
Banyak
pemula tidak menyadari pentingnya mengendalikan napas mereka. Padahal, menurut ahli kesehatan, memahami tehnik pernapasan selama olahraga sangatlah penting. Bernapas tidak hanya mengalirkan oksigen ke seluruh tubuhmu, tetapi juga mengalirkan energi sehingga sangat penting untuk mempelajari teknik pernapasan yang tepat agar tidak terlalu letih selama olahraga.

5. Jangan Terlalu Lama
Berolahraga terlalu lama (sekitar 90 menit) sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk mengoptimalkan hormon anabolik dalam tubuhmu, batasi durasi olahraga maksimal satu jam. Selain itu, pastikan kamu mencukupi kebutuhan kalori untuk bahan bakar dan cairan agar terhindar dari dehidrasi.

6. Hari Istirahat
Meskipun kamu sudah kecanduan untuk terus berolahraga, jangan lupa untuk istirahat. Jeda waktu istirahat sangat dibutuhkan untuk tubuh guna memberikan kesempatan bagi otot-otot tubuh untuk memperbaiki diri. Bahkan menurut ahli kebugaran, terlalu sering berolahraga atau overtraining efeknya sama dengan tidak berolahraga sama sekali.

7. Jeda Istirahat Saat Olahraga
Manfaat waktu antar set untuk beristirahat. Durasi istirahat antar set juga tergantung pada tingkat kebugaranmu. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, sebaiknya waktu istirahat antar sesi tidak terlalu lama untuk meningkatkan intensitas pembakaran lemak. Tetapi jika kamu ingin fokus pada kekuatan, sebaiknya beristirahatlah sedikit lebih lama.

8. Pemulihan Aktif
Untuk meningkatkan stamina serta mempertahankan tingkat kebugaran, cobalah untuk melakukan pemulihan aktif (active recovery). Jika kamu melakukan angkat beban di gym secara teratur, cobalah menghabiskan satu atau dua hari melakukan kegiatan alternatif lainnya seperti berenang, atau bermain sepak bola. Intinya, cobalah olahraga yang berbeda dari biasanya. Karena melakukan rutinitas yang sama berulang-ulang bisa membuatmu bosan.

Nah, itu tadi 8 tips agar tidak mudah lelah saat olahraga. Selain mencegah kelelahan, cara tersebut juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. (mfb/hmu)
 
SUMBER http://www.magwuzz.com/2015/03/8-cara-agar-tidak-mudah-lelah-saat-olahraga.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar