Minggu, 27 November 2016

Inilah 8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

Inilah 8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

Sakit punggung merupakan salah satu masalah kesehatan yang sering dialami masyarakat modern. Penyebab nyeri punggung bisa bermacam-macam, mulai dari terlalu lama duduk, pola makan yang tidak sehat, hingga kurang berolahraga.


8 Kebiasaan Buruk Penyebab Sakit Punggung

Bahkan, sebuah studi mengungkapkan bahwa nyeri punggung menjadi gangguan kesehatan yang paling sering diderita banyak orang. Oleh sebab itu, agar Anda tidak mengalami masalah tersebut, sebaiknya mulailah ubah kebiasaan buruk Anda sehari-hari. Jika tidak, Anda akan mengalami gangguan terkait punggung Anda, seperti perubahan postur (bungkuk).

Nah, untuk menghindari dan mencegah nyeri punggung, hal pertama yang harus Anda pahami adalah kebiasaan-kebiasaan apa saja yang menjadi penyebab nyeri bahu dan punggung. Setelah mengetahui penyebabnya, langkah selanjutnya yaitu menghentikan kebiasaan tersebut agar tidak menimbulkan sakit punggung. Berikut beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan sakit punggung.

8 Penyebab Utama Sakit Punggung


  • Duduk Terlalu Lama
Ketika Anda duduk terlalu lama, tekanan pada punggung Anda akan semakin bertambah dan berkelanjutan. Jika Anda sudah terlalu lama duduk (sekitar 30 menit), lakukan peregangan dengan berdiri atau jalan-jalan. Duduk terlalu
lama adalah salah satu kebiasaan yang menyebabkan sakit punggung.

  • Jarang Olahraga
Jarang berolahraga juga bisa menjadi penyebab sakit punggung. Jika fisik Anda tidak terlalu kuat, lakukan olahraga yang ringan-ringan saja. yang terpenting adalah tubuh Anda tetap bergerak dan tidak terpaku pada posisi yang sama.

  • Makanan Tidak Sehat
Obesitas dan penyumbatan pembuluh darah arteri juga mempengaruhi kondisi punggung Anda. Jadi, agar tidak mengalami sakit punggung, ubahlah kebiasaan buruk Anda termasuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Selain itu, sangat disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk kesehatan tulang.

  • Posisi Tidur
Tidur dengan posisi yang sama dalam waktu yang lama juga berpengaruh terhadap kondisi kesehatan punggung Anda. Cobalah untuk selalu mengubah posisi tidur Anda. Selain itu, gunakan kasur yang empuk agar tidur Anda terasa nyenyak dan pulas.

  • Stres
Stres secara tidak langsung dapat mempengaruhi kondisi kesehatan punggung. Ketika otot-otot Anda tegang sampai karena stres, tubuh Anda akan bereaksi, termasuk munculnya nyeri punggung.

  • Tas Berat
Inilah salah satu kebiasaan terburuk yang dapat menyakiti punggung Anda. Pastikan bahwa Anda tidak membawa tas yang terlalu berat.

  • High Heel
Terlalu sering memaki high heel juga membahayakan tulang punggung Anda. Buat Anda yang gemar menggunakan high heel, sebaiknya dipikir-pikir lagi, deh!

  • Jok Mobil
Lebih baik untuk menyesuaikan kursi mobil Anda pada posisi senyaman mungkin. Mengemudi atau melakukan perjalanan di posisi duduk yang kurang nyaman tidak baik untuk kesehatan punggung Anda.

Itu tadi beberapa kebiasaan negatif yang dapat memicu sakit punggung. Jika Anda termasuk orang yang sering mengalami kebiasaan di atas, sebaiknya segeralah mengubahnya jika ingin punggung Anda tetap sehat. (mfb/bs)
 
SUMBER http://www.magwuzz.com/2015/03/8-kebiasaan-buruk-penyebab-sakit-punggung-pinggang.html 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar