Gejala Anemia Akut – Tubuh membutuhkan oksigen dan asupan nutrisi agar bisa berjalan atau berfungsi dengan baik. dan nutrisi dan oksigen yang sudah ada di dalam tubuh harus di sebar luaskan ke bagian tubuh yang lainnya dengan menggunakan darah. Darah menjadi pengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh, dan sel darah merah yang merupakan penghasil hemoglobin tubuh yang berfungsi untuk mengalir ke seluruh bagian tubuh. oleh karena hal itu fungsi dari sel darah merah sangat penting untuk kelangsungan hidup manusia. Tetapi ada sebagian orang yang mengalami masalah di sel darah merahnya yang tidak bisa menghasilkan hemoglobin sehingga bagian tubuh akan kekurangan sel darah merah, hal ini juga dikenal dengan anemia. Penyakit anemia yang dimana kondisi tubuh kekurangan sel darah merah dari zat besi sehingga akan menyebabkan gangguan kesehatan. Penyakit anemia bisa menyebabkan gangguan kesehatan karena organ tubuh mengalami penurunan fungsinya jika tidak mendapatkan cukup nutrisi atau pun oksigen yang harusnya di dapatkan dengan cukup.
Terjadinya penyakit anemia bisa dialami oleh siapapun, dan anemia bisa berlangsung hanya sesat atau pun jangka panjang. Anemia yang berlangsung lama dan dalam jangka panjang bisa dialami karena di sebabkan oleh adanya kelainan tubuh yang merupakan faktor genetik hal itu di sebabkan oleh talasemia penyakit kelainan darah. Sedangkan anemia yang bukan jangka panjang dialami karena beberapa faktor. Yang paling sering menjadi penyebab anemia ialah faktor dari kurangnya asupan nutrisi. Asupan nutrisi yang kurang yaitu nutrisi zat besi, banyak orang yang mengalami anemia karena di sebabkan oleh asupan makanan yang tidak di jaga dengan baik sehingga tubuh yang kekurangan zat besi akan sulit untuk menghasilkan sel darah merah dan hemoglobin sehingga dampaknya akan menyebabkan anemia. Anemia juga bisa dialami karena efek samping dari obat, jika jumlah makanan sehat masuk ke dalam tubuh sudah di penuhi namun masih mengalami anemia, maka kemungkinan yang dialami karena di sebabkan oleh adanya masalah di penyerapan nutrisi yang bisa di sebabkan oleh efek samping obat atau pun akibatcacingan.

Gejala Anemia Akut

Keluarnya darah di dalam tubuh yang terlalu banyak pada saat menstruasi atau pun pada saat mimisan bisa menyebabkan jumlah sel darah merah akan berkurang di dalam tubuh dan mengakibatkan anemia sehingga akan menyebabkan kondisi kesehatan akan menurun akibat kekurangan sel darah merah karena pendarahan yang dialami. dampak dari anemia yang berlangsung lama tidak baik untuk kesehatan organ tubuh, karena hal itu akan menyebabkan fungsi tubuh akan terganggu. Maka dari itu sebaiknya meningkatkan sel darah merah dengan menjaga asupan makanan yang sehat dan juga jenis makanan yang bisa meningkatkan zat besi di dalam tubuh sehingga tubuh tidak akan kekurangan sel darah merah. Sayuran seperti bayam mengandung zat besi yang cukup tinggi dan bisa membantu mengatasi anemia. Atau menggunakan obat penambah darah jika anemia akut yang telah terjadi. sebelum melakukan hal itu semua, tubuh yang mengalami anemia akut akan menunjukan gejala anemia akut. maka dari itu berikut beberapa gejala anemia akut yang bisa terjadi :
  • Lemas
Keadaan tubuh yang kurang sel darah merah akan menyebabkan tubuh akan lemas. Kondisi gejala anemia akut bisa menyebabkan keadaan tubuh akan sangat lemas dan mudah lemah. Seperti halnya tubuh yang kekurangan energi sehingga tidak dapat banyak melakukan kegiatan pada saat gejala anemia akut sedang terjadi.
  • Pusing kepala
Gejala anemia akut juga akan menyebabkan pusing atau sakit kepala, hal ini sangat pasti dialami jika mengalami anemia akut karena di sebabkan oleh jumlah sel darah merah yang berkurang akan menyebabkan bagian tubuh akan mengalami kekurangan darah untuk di beberapa organ tubuh termasuk di bagian kepala sehingga akan menyebabkan pusing kepala pada saat gejala anemia akut terjadi.
  • Sesak nafas
Sel darah merah yang berkurang akan menyebabkan hemoglobin tubuh juga sangat rendah, dan jika terlalu rendah maka sangat sedikit jumlah nutrisi dan oksigen yang di edarkan ke seluruh tubuh termasuk pada bagian paru paru maka dari hal itu gejala anemia akut akan menyebabkan sesak nafas karena jumlah sel darah merah yang hanya sedikit akan menyebabkan bagian tubuh akan mengalami sesak nafas.
  • Suhu tubuh menurun
Suhu tubuh menurun pada gejala anemia akut karena kurang darah merah sehingga ketika menyentuh penderita anemia akan sangat dingin. Maka dari itu sangat bahaya jika penyakit anemia tidak diatasi dengan cepat.
  • Kulit pucat
Tidak hanya akan menyebabkan penurunan suhu tubuh saja, tetapi gejala anemia akut juga akan menyebabkan kulit akan terlihat lebih putih karena pucat akibat jumlah sel darah merah yang berkurang.
  • Daya tahan tubuh menurun
Infeksi akan lebih sering dialami oleh penderita anemia karena penderita anemia akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. maka dari itu gejala anemia akan menyebabkan tubuh mudah sakit dan terinfeksi oleh bakteri atau pun oleh virus.
  • Rambut rontok parah
Kurangnya asupan nutrisi dari berkurangnya sel darah merah bisa mengakibatkan rambut rapuh pada gejala anemia akut.