Rabu, 30 November 2016

CERPEN SAHABAT MUNAFIK

SAHABAT MUNAFIK 

Nama aku rita ,nama sahabat aku clara , dansihinta.awalnya kami selalu bersama tetapi lama kelaamaan kami berpisah ,selalu saja ada rintangan ,penghalang dank e gagalan dalam mencari sebuah impian , kami berpisah kami berpisahsaat masalah takbisa diselesaikan lagi.semua menjadi egois memikirkan diri sendiri hanya saja shinta , tak bisa menahan amrah sehingga ia menjadi egois memikir kan diri sendiri. Lama –lamaan hanya aku aku(rita) dan clara , selalu bersama sahabat ku memang clarapernah suka sama seseorang cowo tapi selalu banyak halangan dan rintangan ,berbagai cara ia lakukanagar impianya agar impianya bisa tercapai ,sungguh pahit dia alami .
awalnya ku dan sahabatku clara & shinta .selalu bersamadalam suka dan dukaandaikataku hanya bisa berharapdan berjuang demi persahabatan antara beberapa perbedaanyang mungkin sulit di terima .ya walau pun semua manusia kelihatanya sama,tetapi banyak perbedaan, suatu hariaku dan clara & shinta , kami bertemuwaktupertama masuk sekolahSMP, kami dulu ,salingmembantudan kami selalu bersama walaupun sedikit perbedaan namun tak apalah,sebagai sahabat saling menutupi kekurangan yang ada dalam persahabatan.suatu hari aku dan sahabat aku sedang bermain di depan kelaswaktu iti ada segerombolan anak8a .memang kelas 8a terkenal ia sombong ,angkuh , dan sok banget deh. Tapi waktu itu anak 8alewat aku sedang bermain dan bercanda sama sahabat aku waktu ituaku dan sahabat akuledek –ledekan sama sahabat aku .
aku berkata sama sahabat aku: “eh kalo jalan itu lho nge sok banget sih udah kaya foto model aja deh,jadi photo model aja lho gak ke sampean”. Sahabat ku jawab: “ ya iyalah ,harus dong kan biar diliat keren gituloh hahaha!” aku jawab : cie-cie model baru nie yeee… cara jalan nya .
waktu aku sedang berbicara dengan sahabat akupas bangettuh ada anak kelas 8a melewati kelas kufilingku mereka mungkin tersinggungya sudah ,tetapi maksud ku dan sahabat-sahabatku tidak seperti itu ku hanya bercanda dengan sahabatku bukan menyinggung perasaan mereka.ya sudah ku diam kan saja mungkin filingku tidak benar itu hanya perasaan ku saja yang tidak enak.2 hari kemudian , aku dan sahabat aku di panggil guru tidak tahu kenapatetapi filing aku tentang anak kelas 8a .waktu dipanggil ternyata filingku benar . aku dan saha bat kudi panggil guru seprti ini
guru itu berkata kepada clara: clara kamu ada masalh sama anak kelas 8a
clara menjawab: tidak ada bumemang nya ada apa bu ?
bu guru berkata: benar kamu tidak ada masalah
clara menjawab: benar bu clara tidak punya masalah
bu guru berkata:ya sudah klo memang tidak punya masalah ,tapi awas ya kalu kamu ada masalah ibuakan menurunkan nilai kamu.dan ke mungkinan kamu tdak akan naik kelas.apa benar kamu tidak ada masalah?...
clara menjawab :benar bu tidak ada masalah
bu guru berkata: ya sudah kembali sana ke kelas
clara menjawab : ya bu
sesudah itu aku dan sahabat aku bingung, dalam fikir aku ada apaya bingung kok tiba tibabu guru memanggil aku dan sahabat aku. Apa salah aku dan sahabat ku.” Aku cari tahu tentang semuamasalah ini” lama-kelamaan aku dan teman aku tau informasinya. Rupanya filingku dan sahabatku benar 8a itu tersinggung karena 2 hari yang lalu sy bercanda dengan sahabat akudi depan kelas. Lalu mereka mengadu domba sama bu guru dan bu guru itu percaya akan kata- kata anak kelas 8a,dan itu penyebabnya ku di panggil guru tersebut. Tapi kok anak kelas 8a dia membawa-bawa masalah9a “ waduh ada apa ini ? aku dan sahabat aku jadi bingung???.tapi aku dan sahabat aku lagi masalah ini lebih lengkapdari kelas lain. ternyata aku tahu.ternyata anak kelas8a ini selain cari-cari masalah ternyata mereka itu semua suka sama kakak kelas 9a .aku dan teman akumendengar kabar itu dari kelas kelas lain dan aku dan sahabat aku mendengar mereka sirik sama clara karena clara di sukain sama anak kelas 9a . tetapi aku clara,dan shinta , kami tidak tahu , kalau anak kelas 8a itu suka sama kakak kelas 9a . tapi lagian jugakalau anak kelas 8adalam fikir ku “ kalau memang suka ya silah kan ambil ,dan janganmengganggu aku clara dan shinta.filing aku mengatakan kalau si shinta itu suka juga sama kakak kelas9a .lama-lama filingku benar si shinta memang suka sama kakak kelas 9a.yang namanya kak farhan dan 2 orang temanya selalu ber sama kakak farhan 2 orang temannya tersebut bernama razik dan Rian.waw kacau kalau akudan sahabat aku relain ituanak kelas 9a yang tadi , bagai mana sahabat aku kalau begitu .
ya juga sih aku dan teman aku awalnya gak suka sama anak kelas9a tp ,niat aku dan clara hanya membantu si shinta untuk bisa mendekat ke pada kak farhan anak kelas 9a yang tadi. Tapi niatnyabukan merebut gebetan si shinta . maksud aku dan clara ,aku kenalansama kakak farhan anak kelas 9a itu ,ya di fikir fikir ,lumayan kan sahabat aku ada peluang untuk mendekat kepada kakak kelas tersebut , waduh yanga ada seakarang si shinta sahabat aku mulai mara & cemburugara-gara aku danclara kenalan sama kak farhan.
Waduh aku “bingung aku dan clara sangat bingung harus bagai mana lagi dia si shinta sahabat akusudah terlanjur marah, malah di panas –panasin sama anak kelas lain yang sama-sama suka dengan anak kelas 9a ,ya sudah marahnya tambah menjadi jadi.lama-lama sifat sahabatku shinta ini mulai menjauh darikudan clara .tak tahu mengapa ia menjadi egois memikirkan diri sendiri.dan ia berusaha supaya ia mendapatkankak farhan , bagai mana caranya ia sungguh sangat tidak masuk akal .shinta membuat satu grup yang gak jelas banget selalu menyakiti prasaan orang lain dan ia suka menyindir siapapun bila ada penghalang dimana kapan pun iamau shinta selalu dendam dan menyakiti orarang tersebutbila menghalangi langkahnya dan bila sengaja maupun tidak sengaja .selalu saja shinta seperti itu.keseharian ia kini berubah tak seperti dulu lagi yangsuka ber canda dansuka tertawa dan juga membantu satu sama lain.kini ia berubah menjadi pemarah pendendam selalu menyakiti prasaan orang lain.ia membuat gossip supanya ku dan clara di benci orang lain dan dijauhi oleh teman-teman dekatku.
Akhirnya semua menjauhi ku dan clara karena terpengaruh oleh grup shinta .apa boleh buat semua tlah terjaditakkan bisa ku hentikan.dan akhirnya akumenemukan sahabat sejati yang lebih baik dari pada shinta ,ya meskipun banyak kekurangan nya kan sebagai sahabat bisa menutupi kekurangannya.
Seiring waktu berjalan ,semakin hatiku dan sahabat –sahabatku sakit karena di ejek ,dan di hina dan juga di sindir selalu sama grup shinta tapi aku diam saja ,dan dengan sabar pasti tuhan akanmember jalan kebenaran .tetapi sahabat- sahabatkuini semakin geregetan tuh sama si sihinta , yasudahaku coba tenangin semuaya sudah semua pada sabar dan tabah .aku dan sahabat aku bukan diam tetapi takut, tapi aku dansahabat aku diam , sabar tdan tabah mencari jalan yang lebih baikdan tidak menyakiti perasaan orang lain . bukan seperti shinta sahabat munafik ,ia diamtapi sama-sama sukatetapi iatidak mengakui kesalahan diri dia sendiri,ia diam karena takut dan,selalu menyakiti prasaan siapapun yang mungkin sengaja dan tidak sengaja menghalangi langkah si shinta.
Tapi lama kelamaan perasaanku semakin bingung kepada clara ,awalnya clara benci . lamalama kok clara bisa menjadi suka ,sukaitu lama-lama biasa menjadisaying ,saying itu lama-lama bisamenjadicinta. Clara bicara ke pada ku .
“Tapi mengapa tuhan baru saja member prasaan itu kepada ku,kenapagak dari kelas 1 smp , seolah –olah ku punya waktu 1 semester lagi dari hari pertama masuk sekolah setelah lbur dari semester ganjil,” seprtiitu clara berbicarake padaku.dan clara curhat padaku “ mudah-mudahan gak kaya pengalaman ku dulu yang terpisah dari kekasih impianku, karena waktu itu , aku pernah suka sama dia trusgak biasa ku manfaatkan waktu ,semua hilang begitu saja dank u belum sempat mengungkatkan rasa itu ke dia…
Aku gak mau ke jadian itu ter ulang untuk kedua kali nya ,usahaku untuk melupakan si dia cukup butuhwaktu yang sangat lama , dia dulu pergi dan menghilang tak ku duga ia telah tiadameninggalkan dunia ini . apa boleh buat semua tlahterjadi semua takdir tuhan semoga saja taakan terulang lagi di hidupku untuk kedua kalinya...rasa sakit yang dia alami sungguh sangat perih andai saja di bisa mengulang hari dan waktu … pasti dia akan bahagiatapi semua takdir tuhan , ini semua hayalan nya mana mungkin terwujud menjadi kenyataan .dalam fikiranku mudah-mudahan halini akan terwujud , clara berkata ku harus berusaha semaximal mungkinagar kak farhan tau perasaanku . seperti itu clara bicara ke padaku.
Dari hari –ke haridari waktu ke waktu clara mencoba untuk mendekat ke kak farhan ,wah ternyata ,gak salah lagi kak farhan itu banyak di idolakan dari anak kelas 1a sampai H,8A sampai H ,dan juga 9a sampai H.semua cewe-cewenya sama mereka meng idolakan kak farhan . ya gimana mungkin clara harus hati- hati ,agar clara tidak ketahuan sama anak-anak kelas lain. Setelah itu.
Berbagai gossip datang tiba-tiba yang sampai ke kuping clara, sungguh clara sangat perihejekan dan fitnahan juga selalu menghampiri hari-harinya di sekolah, clara berkata : ku harus bagaimanalagi”.gak ada cara lain kalau ku nyerah ?tambah ejekan fitnah dan gossip sungguh perih dan kemungkinan takkan berhasil”tapi kalau ku lanjutin ini semua untuk mendapat kan hati kak farhan’ rintangan nya lebih berat dari pada sebelumnya’dengan waktu yang sangat singkat ku bingung dan ragu”ku harus bagai mana???’… ya sudah ku lanjutinmudah-mudahan tuhan memberikanapa yng aku inginkan .
Hari demi hari waktu demi waktu ,dia melanjutkan apa yang dia inginkan
Dia mendapat kan sahabat yang baru namanya.nisa ,fitri,dan aisyah.awalnya mereka baik ,danselalu perhatian kepada aku dan clara.tapi semakin lama mereka nisa ,fitri dan aisyahsemakin sifatnya berubah.tak tahu mengapa ku mulai curiga gerak-gerik nisa ,firasat yang aneh sama yg dirasakan oleh clara ,semua berubah saat ku dan clara dekat dengan kak farhan .kata hati clara mengatakan: bahwa kalau nisa ,fitridan aisyahmerekalicik, hanya mengandalkan clara sebagai alat untuk mendekatkan mereka ke pada kak fahan.namun bisikan hati clara dihiraukan saja oleh clara ,clara tetap tidak percaya .walaupun aku sahabatnya ,tapi ku tidak bermaksud menghalangi langkah clara .ku hanya membantu clara supaya mempercayaikata hatinya .mungkinsaja kata hati yang baik itu benar ,tapi clara menghiraukan saja tentang kata –kata ku.ya tak apalah tapi lama kelamaan claramulai merasakan ,ternyata kata Hati nya dan firasatnya benar . mereka nisa fitri dan aisya meninggalkan clara dan aku .saat mereka telah mendapat kan hati kak farhan .awanya mereka baik dan tidak mengakui kalau salah satudari merekamenyukai kak farhan ,semua kompak dan selalumembohongi ku dan clara .rupanya nisa , fitri dan aisyah ku tidak tahu sebelum ku dan shinta menjadi musuh, nisa fitridan aisyah adalah teman baikshinta, dan saat kudan clara dianggap shinta menjadi musuh shinta ku mulai tahu saat ini kalau nisa fitri dan aisyah adalahsuruhan shinta dan mereka hanya mata-mat ashinta ku dan clara baru tahu sekarang,mereka nisa ,fitri dan shinta ternyatamereka semuasahabat munafik mereka selalu membohongiku dan clara,selalu mengingkar janidan selalu dendam kepada ku dan juga clara.
Ku dan clara selama ini tidak menyangka bah wa mereka adalah sahabat mu nafik.clara mencari cara lain agar kak farhan tau tentang perasaanya sekarang.lama kelamaan sifat kak farhan pun menjadi berubah ku dan clara tak tahu mengapa ? kini sifat kak farhan menjadi sombong dan angkuh .ku dan claratidak tahu mengapa?.
Kini waktuku sebentar lagi hanya 3 bulan , sebelum dia lulus ,waduh bingung-tamah bingung lagi fikir clara seperti itu . clara berkata :” seandainya kak farhan tau ya allah bahwa aku saying banget sama kak farhan ,aku gak mau kehilangan kak farhan apalagi sampai pisah ,semoga saja jangan sampai seperti itu.amin ya allah… “
Semua jadi berubah membuat bingung clara ,seua telah clra usahakan tapi selalu gagal .apa yang harus kulakukan??? Clara berbicara seperti itu kepadaku.tapi clara mulai heran setiap bertemu kak farhan ,mengapa kak farhan membuat clara menjadi senang ,meskipun clara harus melupakan kak farhan mengapa clara selalu tak bisa ,meski clara harus membenci kak farhan tapi mengapa selalu tak bisa.dan kak farhan pun selalu menatap clara mungkin dengan rasa kasihan dan saying atau tidak tahu mengapa mereka clrara dan kak farhan selalu tidak bisa sama –sam saling melupakan.
Dan clara heran lalu ia berkata : mengapa ku selau ingat kak farhan ,tapikan aku harus melupakan dan membencinyatapi mengapa selalu takbisa.kusenang bila kak farhan sehat waalfiat dan dalam kea adaan baik, meskipun ia sekarang tak tahu tentang rasa sakit ku karena kak farhan memilih sahabat ku nisa yang lebih percaya dengan pembicaraan nisa yang selalumenghianatiku dan menjelaek –jelekan ku di belakang kak farhan. Ya sudah apa boleh buat ku bingung kenapa semua orang membenci padaku padahal ku ingin berbuat baik ,malah di tuduh sebagai orang jahat.semua ulah shinta dan empat mantan sahabat kuselalu menyebarkan gossip di semua kelas. Apa maksud mereka .?khirnya claramempunyai teman baik ia laki-laki namanya firman ia baik lebih perhatian dari pada kak farhan .ia selalu membuat clara bahagia bersamanya .lama kelamaan clara sedikit demi sedikit clara bisa melupakan kak farhan .akhirnya clrara memiliki rasa cinta danakungwalau pun hanya sedikit tapi clara merasa bahagia bila bersama kak firman. Akhirnya waktu trus berjalan kak firman mengungkapkan rasacinta kepadaclara. Namun clara terima dengan setulus hati.seiring waktu berjalan nisa mendapatkan kak farhan. Calara tahu informasinya dari kelas-kelas lain. Hati clara mulai saki tapi selalu di hibur kak firman meskipun kak firman tidak tahu bahwa hati clarasakit karena ulah nisa mendapatkan kak farhan. Tapi kak firman selalu membuat clara senang
Akhirnya hari perpisahan pun tiba clara sangat sedih saat ke hilangan kak firman, clara mengucapkan kata terakhir clara saat berpisah dengan kafirman lalu mereka saling berrtukar sebuah kado kenag kenagan.Tapi clara melihat dari kejauhan nisa dan kak farhansepertinya ada masalah ,lama kelamaan saat kak firman pergi sebentar untukmenemui teman temanya , dari kejauhan clara melihat bahwa kak farhan di panggil –panggiloleh nisa tetapi kak farhan tidah mau dan menjauhi nisa,dan tiba –tiba ternyata kak farhan menemui claradengan tergesa- gesah ia berbicara kepada clara.
Kak farhan : clara aku mau bicara dengan kamu sebentar
Clara menawab: ya kak ada apa?
Kak farhan : maaf ya sebelumnya minta maaf klau kak punya salah kekamu
Clara menjawab : lho kok minta maaf kan harusnya clarara yang minta maafklo ada masalah ke kakak.
Kak farhan : ya maaf, kalau memang sebelumnya kamu pernah ngejar-ngejar kakak ,tapi maaf klo selama ini kalau selama ini kamu merasa gak di anggap .semua udah tau kok siapa yang bikin kakak nbenci kamudulutapi tolong maafin kakak ya , kakak minta maaf.
Clara menjawab : semua memang salah clra aturan dari dulu clara jangan pernah ada di hidup kakak klau masal kan masalah nyaseperti initambah runyam, ini semua salah clara sekali lagi maaf kalau ganggu , ya sudahsekarang clara mau kekak firman.
Kak farhan : tapi semuakan salah kakak maafin kakak ya maafin.
Clara menjawab : ya gak papa “ udah sekarag clara ,mau ke kakfirman.
Kak farhan : tar dulu bentar clara aku ma biacara dengan kamu sebentar .
Clara : mau bicara apa lagi kak? Tentang masalah kakak ? udah tau koko semuauadah clara maafin koktp selain itu kakak mau bicara apa kakak?
Kak farhan : mungkin ini hari terakhir kakak ,kakak hanya bisa berharap kamu akan memaaf kan kakak .clara maafin kakak ya ?
Clara menjawab : ya pasti clara maafin
Kak farhan : kakak mau bicara sebentar …
Claramenjawab: ada apa kak???
Kak farhan menjawab : kakak saying sama kamukaka cinta sama kamu ,mau gak kamu jadi pacar kakak
Clara menjawab : ….???
Kak farhan : kok diam sih ???...
Clara menjawab : maf kak kalau soal itu gak biasa !”
Kak farhan : kenapa clara ,kenapa clara kamu sudah punya pacar ???
Clara menjawab: ya kak maaf kak clara sudah punya pacar.
Kak farhan “ kenapa ?” siapa dia?”
Clara menjawab : dia adalah kaka firmanmemangnya kenapa kak?
Kak farhan : maafya ganggu ,maaf
Clara menjawab : ya gak papa kok
Setelah itu si nisa datanglalu berbicara kepada kak farhan di depan clara
Nisa : kak maf ,nisa mau bicara niasa mau menjelaskan tapi tapi,,……taptapi……….???
Kak farhan: apa niasa mau menjelaskan apa!!! Semua udah jelas ,kamu yang bikin kaka benci clara ……. Ya kan jawab!!!!!......
Nisamenjawab : tapi kak tapi nisa…….???
Kak farhan : jawab…..!!! berarti semua udah jelas kan!!!!Yasudah clara kakak pamit dulu ya jaga diri kamu semoga sehat selalu& jangan pernah lupain kakak meskipun maaf kaka sudah menyaakiti hati kamu maf sebelumnya clara atas segala kesalahan kakak , mungkin ini pelajaran buat kakak setelah kakak berbuat kesalahan kepada seseorang yang mungkin sebelumnya kaka menyukai kamu dari awal kamu naik kelas 8” tapi kakak menghiraukan perasaan itu dan kakak maaf sudah mempercayai pembicaraan yang gombal tentang kejelekan kamu selama niasa ber sama kakak. Ku mohonclara maaf kan semua kesalahan kakak ya clara maafinya clara peleases maafin clara …?
Clara menjawab : ya kak semuanya pasti clara maafin kok……
Nisa berkata : kak tunggu jangan pergi
Kak farhan : ???........
Nisaberkata : kak maafin nisa , kak maafinnisa semuanya ulah nisa maafin kak ku mohon kakak akan memaafkannisa……?
Kak farhan : asal kamu janji nisa jangan mengulanginya untuk kedua kali ke pada clara .karena kaka gak akan maafin kamuselama lamanya……..
Niasa menjawab : ya kak …gak akan terulang lagi.maafin nisamohon maafin kesalan nisa kakmaafin kak……
Kak farhan : ya kakak maafinsebelumnya kamu harus minta maafsama clara “….
Nisa: ya kak ……..”
Lalu nisa meminta maaf ke pada clra
Nisa berkata: clara maafinakuselama ini aku pernah salah dan melakukan kesalahanmaaf ya clara maaf……..
Clara : ya gak papa kok ……….”
Nisa; syukulah akhirnya kamu memaafkan kumakasih clara trimakasih………”
Clara : ya sama-sama
Akhirnya mereka nisa ,fitri aisyah dan clara dan juga kak farhan menjadisahabat kembali tetapi shinta tidak ada dalam acara perpisahan ter sebut tidak tahu menagapa .tetapi clara mencari shinta ,agarshinta dapat berkumpul sesuai ke inginan shinta waktu dulu.Saat clara melihat dari kejauhan, rupanya shinta ada di sebrang jalan tidak tahu shinta sedang apa , lalu shinta tiba –tiba lari saat shinta ketahuan melihat mereka dan clara menjadi akrab dan tidak bermusuhan lagi.
Saat clara mencoba mengejarnya,tiba-tibasebuah mobil truk besarmenabrak clara . namun clara tidak melihat.saat ia hendak mengejar shinta. Mungkin inilah saat terakhir clara,ia meninggal dunia saat ia tertabrak sebuah mobil besar tersebut. Langkah shinta terhenti saat mendengar keramaian yang ada di belakang ia. Ia bergegas melihatdi kerumunan tengah jalan. Ternyata tidak salah lagi ia adalah clara teman ia yg ia benci selama ia mendapat kan hati kak farhan. Ia merasa menyesal setelah sahabatnya menjelaskan tentang apa sebenarnya terjadi dan semua hanyalah kesalah pahaman.
Saat kak firman mencari clara ,ternyataclara sudah tiada, kak firman merasa sakit kehilangan clara dan hal yang sama di rasakan oleh para sahabatnya danjuga shinta .penyesalan terlambat .karena shinta meninggalkan clara saat clara ingin memintamaaf..TAMAT
*Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau tulisan ,dan bila ada kesamaan tempat atau latar cerita diatas aku ucapkan terimakasih..kepada pembaca semoga ada hikma dalam cerita di atas aku ucapkan terima kasih Wassallammu’alaikum Wr.W

Tidak ada komentar:

Posting Komentar